Kreasi Plastisin Tepung

Kreasi plastisin tepung

Kreasi plastisin tepung

Ternyata berkreasi dengan plastisin tepung ada kekurangan dan kelebihannya dibanding dengan memakai tanah. Plastisin yang berbahan dari tepung dicampur lem dan cata warna ini selain bisa berwarna-warni, finishingnya cukup dikeringkan saja. Beda kalau dengan tanah liat, walaupun, medianya mudah didapat, tapi tidak berhenti sampai proses pengeringan saja, harus dibakar juga. Mungkin kalau saya sedang di Jatiwangi, selain mudah mendapatkan tanah yang siap dikresasikan, bisa ikutan mengeringkan tanah liat di obongan genteng juga. Memang seru kalau beramai-ramai membuat kreasi dari plastisin tepung ini…

Cara membuat plastisin tepung ini termasuk mudah, selain sudah ada bukunya yang bisa dicari di toko buku, atau dari artikel di media koran. Bisa juga juga dengan searching di internet. Pengalaman dari berkreasi dengan plastisin tepung, selain aysik untuk mengisi hari libur… Sebaiknya adonan jangan terlalu banyak, karena pengadukan bahan-bahannya lumayan bisa bikin pegal tangan. Dan walaupun sudah jadi adonannya, kalau bahannya terasa masih terlalu kering, tinggal ditambahkan lem lagi, secukupnya. Karena kalau plastisin terlalu kering akan muncul retakan ketika kering.

Untuk pencampuran warna, sebaiknya sedikit-demi sedikit dicapurkannya, ketika mau membentuk bagian-bagian kreasinya. Selain bisa berkreasi sendiri, dengan dua buku tadi, bisa juga mencari referensi kreasi untuk ditiru, sebagai desain karyanya. Ini supaya tidak ada plastisin dan pewarna yang terbuang percuma. Cara membentuk sebuah boneka, atau benda lainnya sedikit berbeda dengan proses membuat patung dengan tanah liat. Karena karya plastisin bentuknya terdiri dari bagian terpisah yang disatukan dengan lem atau lidi untuk memperkuat kesatuan bentuknya. Dan tentunya tidak bisa sedetail bahan dari tanah liat. Tapi bisa saja plastisin membentuk benda yang super kecil dan detil dibanding tanah liat. Ini sudah banyak contohnya, kalau kita rajin mengunjungi pameran kerajinan. Ya, perlu pengasahan keahlian… Jadi mari terus mencoba berkreasi supaya bisa mendapatkan hasil yang sempurna. Kalau sudah ok, kan, bisa membentuk figurin karakter komikmu dengan plastisin tepung ini, tentunya.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s